cara mencegah tiap jenis kanker

Sebelum penyakit ini menyerang tubuh, ada kiat sederhana menangkal beberapa jenis kanker.

Mengenali gejala satu jenis penyakit kanker saja, sudah bisa bikin kita cemas. Apalagi jika mencari tahu tentang jenis kanker lainnya. Padahal, masih ada sekitar puluhan jenis kanker lainnya yang belum kita kenali dengan baik.

Sebelum penyakit mematikan ini menyerang tubuh, ada kiat sederhana untuk menangkal beberapa jenis kanker. Simak tipsnya:

1. Berhenti merokok
Rokok adalah penyebab utama terjadinya kanker paru-paru, dan sekitar 30% berisiko memicu kanker jenis lain. Karena itu, mulai sekarang hentikan kebiasaan menghisap racun nikotin ini.

2. Hindari paparan sinar matahari langsung
Paparan sinar matahari langsung, dan berlebihan dapat menyebabkan kanker kulit. Untuk itu, selalu lindungi kulit dengan krim tabir surya, topi atau payung, terutama mulai pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore.

3. Kurangi makanan berlemak
Mengonsumsi banyak makanan berlemak bisa menyebabkan Anda berisiko terkena kanker kolon, dan kanker payudara. Selain itu, dengan mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan akan berhubungan dengan kanker rahim dan kanker kandung empedu. Mengontrol berat badan dan berolahraga akan mengurangi risiko terkena kanker.

4. Perbanyak makanan berserat
Gandum, beras, sayuran, dan buah merupakan sumber serat alami yang baik dan melindungi Anda dari kanker usus besar (kolorektal). Konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat alami, secara teratur setiap hari.

5. Minimalkan asupan makanan yang diasap, dibakar dan diawetkan
Pada makanan yang dibakar, diketahui kandungan zat yang meningkatkan risiko kanker lebih tinggi. Kanker lambung banyak dijumpai di negara yang penduduknya banyak memgonsumsi makanan yang diasap dan mengandung bahan pengawet.

6. Pilih makanan yang banyak mengandung Vitamin A & C
Vitamin A & C alami, serta zat penting dari buah dan sayuran dapat melindungi kita dari berbgai macam penyakit, termasuk kanker. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh kita. Jadi, konsumsilah buah dan sayuran secara teratur

7. Konsumsi lebih banyak sayuran golongan kubis
Konsumsilah sayuran yang termasuk golongan kubis, seperti kol, brokoli, bunga kol dan bok choy. Karena, penelitian menunjukkan bahwadengan mengonsumsinya Anda dapat terhindar dari kanker lambung, kolorektal dan kanker saluran nafas.

8. Hindari minuman beralkohol
Minuman mengandung alkohol dalam jumlah banyak, bisa meningkatkan risiko terkena kanker hati dan kanker lambung. Apalagi jika minum alkohol disertai merokok, maka bisa lebih berisiko terkena kanker mulut, dan kanker tenggorokkan.

9. Periksakan Diri Secara Teratur
Periksakan diri Anda ke dokter secara teratur,baiknya 6 bulan sekali. Dengan begitu Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan dan penyakit bisa terdeteksi sedini mungkin.

10. Pola Hidup Seimbang
Jagalah keseimbangan pola makan. Asupan karbohidrat, protein,mineral, vitamin, dan zat lainnya harus seimbang. Bagilah waktu juga secara seimbang antar bekerja dan beristirahat.

credit to
argokuda

5 Tanggapan to “cara mencegah tiap jenis kanker”

  1. engeldvh Says:

    Cegah 10 jenis kanker atau 10 cara cegah kanker pak??
    http://engeldvh.wordpress.com

  2. teguhryo Says:

    yupz keduanya sama saja pak🙂
    terima kasih refisinya pak🙂

  3. dehaven89 Says:

    wah tipsnya banyak banget tapi berguna
    salam sehat deh
    coba lihat Info Kesehatan Raga

  4. cinta Says:

    Terimakasih tipnya karena kesehatan mahal harganya,sayangkan kalau tidak dijaga.Tapi yang utama pikiran,jangan stress hadapi semua dengan senyum…dan berserah pada Tuhan.OK

  5. Yusuf Gsm Says:

    Kami hadir untuk memberikan SOLUSI KESEHATAN dengan Produk Berkualitas Karya Anak Bangsa, diantaranya Hasil Riset Prof. Dr. Ir. H. A. Mappatoba Sila M.Sc, beliau adalah ilmuwan ternama Indonesia dibidang LEBAH MADU. Yang telah mendedikasikan hidupnya dengan mempelajari keajaiban-keajaiban Lebah Madu. Beliau memulai pendidikannya pada Fakultas Kehutanan di salah satu afiliasi Universitas di Bogor tahun 1969 dalam bidang Kehutanan. Beliau melanjutkan mengambil gelar MAGISTER dan DOKTOR (Ph.D) dalam bidang LEBAH MADU di UNIVERSITY of THE PHILLIPINE at LOS BANOS (UPELB) Filipina tahun 1980, 1987. Beliau memperoleh gelar Ph.D di PHILIPINA dan tercatat sebagai:

    PROFESSOR AHLI LEBAH PERTAMA di UPELB

    Pada tahun 1990, Prof. Dr. Ir. H. A. Mappatoba Sila M.Sc, mengembangkan dan mengepalai sebuah Laboratorium Lebah Madu di Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Hasanuddin Makassar. Beliau didukung oleh Staf-staf Ahli yang langsung dikader oleh beliau sendiri. Salah satu Staf Ahli Beliau, adalah Bapak Ir. HAMKA MADDU yang telah beberapa kali mengadakan Training atau Pelatihan Lebah Madu diberbagai daerah di Indonesia.

    http://www.sehatsejahtera.net/
    Kontak: 087843970777


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: