8 cara menjaga kesehatan mata

Apakah mata Anda terasa lelah dan pedih setelah bekerja seharian? Gaya hidup modern menyebabkan stres pada tubuh dan mata kita di antara yang paling menderita.

Tapi tentu tak harus seperti ini. Pelajari cara-cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk kesehatan mata dan mata Anda akan merasakan dan terlihat lebih baik hanya dalam beberapa hari.

1. Periksa mata setiap 12 bulan
Masalah penglihatan yang tidak ditangani akan berkembang semakin parah, dan memakai lensa kontak atau kacamata yang tidak lagi cocok untuk Anda dapat menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala.

2. Di musim panas, pakailah kacamata
Sinar UV dapat membuat kerusakan serius pada mata. Kacamata yang baik dapat mencegah hal ini. Ketika membeli kacamata, pastikan yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV.

3. Makanlah nutrisi yang baik untuk Anda dan mata Anda
Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah, atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata.

4. Jika Anda membaca atau bekerja menggunakan komputer, pastikan cahayanya tepat
Bekerja dengan cahaya minim dapat menyebabkan kelelahan mata, tapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Arah cahaya terbaik jika bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. Kurangi tingkat terang (brightness) monitor. Warnanya memang jadi tak terlalu tajam, tapi mata akan jadi lebih nyaman.

5. Istirahatkan mata Anda
Hampir semua orang merasakan mata mereka jadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata jadi kering. Satu hal yang bisa dilakukan adalah menutup mata Anda dan menghitung sampai 5 sebelum membukanya kembali. Hal lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh, sesering mungkin.

6. Cari lensa kontak dengan kualitas baik
Tidak semua lensa kontak sama. Ada yang aman untuk mata Anda, dan ada juga yang beresiko merusak mata. Untuk melihat referensi tentang lensa kontak di: (http://www.1-contact-lenses-consumer-guide.com). Tahu apa yang ditawarkan industri lensa kontak modern akan membantu untuk membuat pilihan yang bijak, tidak begitu saja mengikuti apa kata dokter.

7. Jika memakai lensa kontak, rawatlah dengan baik
Lensa kontak tidaklah begitu merepotkan, tapi Anda juga tak dapat mengabaikan kebersihannya. Setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak Anda, bilaslah. Anda juga harus mengganti cairannya, ketika Anda menaruh di tempatnya waktu Anda tidur di malam hari.

8. Pakailah lensa kontak sesuai jadwal yang disarankan
Ada orang yang berbiat menghemat dengan memakai lensa kontak lebih lama daripada yang dimaksudkan. Ini bukanlah hal yang baik. Meskipun kulitas lensanya tidak akan berkurang, tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan Anda. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah, semakin lama Anda memakai lensa kontak Anda, semakin tinggi resiko mata Anda terkena infeksi.

credit to
indio mizzi

About these ads

26 Tanggapan to “8 cara menjaga kesehatan mata”

  1. kang cecep Says:

    walah janten kana kesehatan oge nya…. upami mata keranjang dan mata duitan kumaha tah… aya obatna… diantosan banner na…. di email saja…

  2. teguhryo Says:

    muhun ^_^…margi ngajagi kesehatan teh penting pisan ^_^
    nyoba2 ngpost kesehatan w ^_^

  3. jelly gamat Says:

    thx infonya…

    saya juga punya info menarik ttg kesehatan kunjungi aja di Jelly Gamat

  4. igas Says:

    thx saranya. kalau membuat mata makin tajam sama aja yah caranya
    mari mampir

  5. Blogseven77 Says:

    mau tanya,, jarak aman mata kita ke layar komputer berapa ya???

  6. kerudung cantik Says:

    wah thx banget infonya. Kesehatan mata emang penting dijaga krn itu pemberian Tuhan yg berharga.

  7. Transferfactorformula Says:

    kesehatan teh meuni penting pisaan

  8. gelangkalungwanita Says:

    Manteb nih infonya..
    Mata emg harus dijaga bener2 kalo mau awet sampe tua..

  9. Kerupuk Udang Says:

    Thank’s infonya!

  10. Sepeda Gunung Says:

    Terima kasih info yang sangat berguna buat keluarga saya!

  11. Sepeda MTB Says:

    Thanks infonya!

  12. Sepeda MTB Says:

    Artikel yang sangat berguna! Thank you!

  13. upay Says:

    seep…

    mantab tq infonya… :D

  14. ayu kurniawati Says:

    pendapat saya bagus karena dapat membuat orang hidup dengan mata yang lebih sehat

  15. ashlan Says:

    Tambahan gan, untuk kesehatan mata mesti banyak makan sayuran khususnya wortel.

  16. ciungtips Says:

    thank’s info nya

  17. saiful akhsan Says:

    Kenapa lensa kontak yang jadi contohnya, lebih baik mana kacamata dengan lensa kontak?

  18. tesacha Says:

    mata hrs dijaga dgn baik,aplagi klo yg dh kna minus atw pnykit mta lainnya,,thnks info y.

  19. sdsds Says:

    waduh mata gw lagi kena konjutivitus mata berair sakit mata ringan
    semoga cepat sembuh amin ya allah

  20. jualsarangsemut Says:

    wah kebetulan mata saya minus, semoga info2 tadi membantu ya. oh ya agar terbebas dari mata minus gimana ya caranya?

  21. Admin Says:

    The title of your home page

    You could put your verification ID in a
    comment

    Or, in its own meta tag

    Or, as one of your keywords

    Your content is here. The verification ID will NOT be detected if you put it here.

  22. Liany Beauty Says:

    Lagi nyoba produk herbal khusus mata, kira2 gimana ya dibandingkan obat yang dijual umum?

  23. Baju Bali Says:

    makasi infonya, sangat bermanfat sekali
    Baju Bali Murah

  24. klinikpsikis Says:

    wa..infonya menarik nih..bisa buat tambahan refrensi gan.. izin nyimak ya.. Mampir jg sekalian di http://klinikpsikis.wordpress.com

  25. ita rosita Says:

    mata adalah sangat berharga tuk ntuk jaga lah dengan sebaik baik nya makasih buat info n tips nya ntuh berarti banget


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: